POPULAR STORIES

Harus Tahu, Ini Jumlah Kapasitas Oli Mesin Beberapa Mobil Toyota

Harus Tahu, Ini Jumlah Kapasitas Oli Mesin Beberapa Mobil Toyota Catat Kapasitas Oli Mesin yang Dianjurkan pada Beberapa Mesin Mobil Toyota Ini (Kipli)

KabarOto.com - Mengetahui kapasitas oli mesin mobil sangat penting supaya jeroan ruang bakar tak kekurangan pelumasan. Sobat mungkin belum banyak yang tahu bahwa jumlah oli yang berkurang dapat mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan.

Akibatnya tiap komponen yang membutuhkan pelumasan akan bergesekan secara langsung yang mengakibatkan meningkatnya suhu dalam mesin. Apabila tidak disadari dengan cepat maka mesin mobil berada dalam keadaan bahaya. Suhu mesin yang terus-menerus meningkat akan berakibat fatal.

Baca Juga: Insiden Kecelakaan Kejurnas Kelas ITCR 1200 ISSOM 2024, Toyota Indonesia Kecewa

Masalah yang timbul

Mulai dari komponen yang aus, mobil tiba-tiba mati karena kepanasan (overheat), hingga turun mesin. Semua keadaan tersebut pastinya mengharuskan Sobat mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan.

Simak kapasitas oli mesin sesuai standar yang dianjurkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) untuk 8 mobil di bawah ini.

1. Toyota New Avanza

Toyota New Avanza memiliki kapasitas oli mesin sebesar 3,1 liter (tanpa filter) atau 3,3 liter (dengan filter oli) untuk Avanza berkode mesin 1NR-VE.

2. Toyota New Kijang Innova

Berpindah ke Toyota New Kijang Innova, mobil ini memiliki kapasitas oli mesin mobil sebesar 6,4 liter (tanpa filter) atau 6,6 liter (dengan filter oli) khusus untuk edisi diesel.

Toyota Land Cruiser kapasitas volume paling besar

Baca Juga: Capai Garis Finis, Intip Modifikasi Toyota Land Cruiser 200 yang Digeber Julian Johan di AXCR 2023

3. Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser memiliki kapasitas oli mesin yang sangat besar. Bahkan paling besar dari yang ada di daftar ini, yaitu 9 liter (tanpa filter) atau 9,3 liter (dengan filter oli).

4. Toyota All New Camry

Memasuki bagian mobil tipe sedan, Toyota All New Camry memiliki kapasitas oli mesin sebesar 6 liter.

5. Toyota New Vios

Untuk Toyota New Vios sendiri, mobil ini memiliki kapasitas oli mesin tanpa filter sebanyak 3,1 liter dan kapasitas oli beserta filternya sebanyak 3,3 liter.

6. Toyota New Yaris

Mobil yang identik dengan pilihan anak muda ini memiliki kapasitas oli mesin tanpa filter 3,1 liter dan kapasitas oli beserta filternya sebanyak 3,3 liter.

7. Toyota New Calya

Salah satu mobil ujung tombak penjualan Toyota di Indonesia ini memiliki kapasitas oli pada dapur pacu dengan spesifikasi 3,2 liter (tanpa filter) atau 3,5 liter (dengan filter oli).

8. Toyota Hilux

Mobil yang identik dengan aktivitas niaga ini memiliki kapasitas oli mobil sebesar 5,4 liter (tanpa filter) atau 6 liter (dengan filter oli).